Beranda
Tokoh
Biografi Hasan Abdul Maujud
Februari 13, 2024

Biografi Hasan Abdul Maujud

Biografi Hasan Abdul Maujud Beserta Karya dan Prestasinya


Biografi Hasan Abdul Maujud - Salah satu karya sastra yang baru-baru ini populer di dunia Arab, terutama Mesir, adalah kumpulan (antologi) cerita pendek berbahasa Arab dengan judul al-Basyar wa al-Saḥālī. Karya ini berhasil memenangkan penghargaan dalam Pameran Buku Internasional Kairo ke-53 kategori Kumpulan Cerita Pendek Terbaik.

Antologi al-Basyar wa al-Saḥālī ini terdiri dari sepuluh cerita pendek fiktif. Masing-masing cerita mengusung hewan tertentu sebagai tema ceritanya. Dalam antologi ini, hewan-hewan dan manusia digambarkan memiliki hubungan yang tidak harmonis. Selalu terjadi pertikaian antara kedua pihak ini, entah itu pihak manusia yang dirugikan ataupun sebaliknya.

Cerita-cerita dalam antologi ini tidak seperti cerita hewan biasa yang banyak beredar di dunia. Teksnya tidak mengejar kebijaksanaan, meskipun tetap ada unsur amanat dalam ceritanya. Teksnya tidak menargetkan penceritaan, meskipun tidak pula meluputkannya.

Karya ini menggabungkan antara cerita, perilaku, dan ide, untuk menyingkap banyak hal yang disembunyikan oleh peradaban manusia di balik "topeng" agama, legenda, atau tradisi. Karya yang unik ini ditulis oleh Hasan Abdul Maujud. Siapakah dia? Juga apa saja karya dan prestasinya?

Biografi Hasan Abdul Maujud serta Karya dan Prestasinya

Biografi Hasan Abdul Maujud

Tidak banyak ditemukan literasi atau dokumen yang memerinci biografi Hasan Abdul Maujud secara lengkap dan menyeluruh. Sejauh ini, ada sejumlah literatur yang mendeskripsikan selayang pandang biografinya. Berikut ini pemaparannya.

Hasan Abdul Maujud (secara transliterasi: Ḥasan ‘Abd al-Maujūd) merupakan seorang muslim yang berprofesi sebagai penulis, novelis, cerpenis, sekaligus jurnalis. Ia lahir pada hari Sabtu, 23 Oktober 1976. Pria berkebangsaan Mesir itu bekerja di sebuah surat kabar bernama Akhbār al-Adab yang diterbitkan oleh Dār Akhbār al-Yaum, juga bekerja di situs web Mubtadā.

Karya Hasan Abdul Maujud

Sebagai seorang penulis, novelis, dan cerpenis, Hasan Abdul Maujud telah menghasilkan sejumlah karya yang beragam, antara lain:

  1. Sāq Waḥīdah (antologi cerpen), diterbitkan pada tahun 2002 oleh Dār Mīrīt li al-Nasyr di Kairo;
  2. ‘Ain al-Qiṭṭ (novel), diterbitkan pada tahun 2004 oleh Mu’assasah  Battānah li al-Nasyr wa al-Tauzī’ di Kairo, telah diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman dan diterbitkan oleh Lisan Verlag di Swiss pada tahun 2006;
  3. Nāṣiyah Bātā (novel), diterbitkan pada tahun 2010 oleh Dār Mīrīt li al-Nasyr di Kairo;
  4. Al-Sahw wa al-Khaṭa’ (cerpen), diterbitkan pada tahun 2016 oleh al-Kutub Khān li al-Nasyr wa al-Tauzī’ di Kairo;
  5. Ḥurūb Fātinah (antologi cerpen), diterbitkan pada tahun 2018 oleh al-Kutub Khān li al-Nasyr wa al-Tauzī’ di Kairo;
  6. Żi’āb Munfaridah (biografi), diterbitkan pada tahun 2020 oleh al-Kutub Khān li al-Nasyr wa al-Tauzī’ di Kairo;
  7. Al-Basyar wa al-Saḥālī (antologi cerpen), diterbitkan pada tahun 2021 oleh al-Dār al-Miṣriyyah al-Lubnāniyyah di Kairo.

Adapun karyanya yang terkini, yaitu al-Basyar wa al-Saḥālī telah didistribusikan secara global melalui berbagai media, baik cetak dan digital.

Sejauh ini, hemat penulis, buku ini belum pernah diterjemahkan ke dalam bahasa mana pun. Pada tahun 2024, penulis akhirnya menerjemahkan buku ini ke dalam bahasa Indonesia untuk pertama kali sebagai sumber data dalam penelitiannya tentang istilah-istilah kultural. Sinopsis buku ini dapat diakses di sini.

Prestasi/Penghargaan Hasan Abdul Maujud

Selama kariernya, Hasan Abdul Maujud pernah meraih sejumlah penghargaan antara lain:

  1. Penghargaan Jurnalisme Budaya Dubai, pada tahun 2003 atas liputan “Ḥikāyāt al-Ruhbān” di Wadi el Natrun;
  2. Penghargaan Kultural Sawiris Kategori Novel (Peringkat II), pada tahun 2005 atas novel ‘Ain al-Qiṭṭ;
  3. Penghargaan Yusuf Idris untuk Cerita Pendek dari Dewan Tinggi Kebudayaan, pada tahun 2019 atas antologi cerpen Ḥurūb Fātinah;
  4. Penghargaan Persatuan Jurnalis Mesir, pada tahun 2020 atas artikel “Infirāḍ.. Maktab Ibrāhīm Aṣlān fi al-Tilgirāf”;
  5. Penghargaan Pameran Buku Internasional Kairo ke-53 Kategori Cerita Pendek, pada tahun 2022 atas antologi cerpen al-Basyar wa al-Sahālī.


Referensi

“Ḥasan ‘Abd al-Maujūd.” dalam Wikipedia: The Free Encyclopedia. Wikimedia Foundation, diakses 4 Januari 2024.

Adab Press: Adab, Ṡaqāfah, Fann, Musābaqāt wa Jawā’iz. “Al-Fā’izūn bi Jawā’iz Ma’raḍ al-Qāhirah al-Duwalī li al-Kitāb 2022 al-Daurah al-Ṡāliṡah wa al-Khamsīn.” Diakses 15 November 2023. 

Maujūd, Ḥasan ‘Abd al-. Al-Basyar wa al-Saḥālī. Kairo: Al-Dār al-Miṣriyyah al-Lubnāniyyah, 2021.

Wahid, Tafkur Bahril. “Isykāliyyāt Tarjamah al-Muṣṭalaḥāt al-Ṡaqāfiyyah fī Majmū’ah ‘al-Basyar wa al-Saḥālī’ al-Qaṣaṣiyyah li al-Kātib Ḥasan ‘Abd al-Maujūd.” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2024.


Ditulis oleh: Tafkur Bahril Wahid

Tidak ada komentar